Kiper PSIS Semarang manfaatkan libur kompetisi untuk melatih

Jakarta (ANTARA) – Cara unik dilakukan kiper PSIS Semarang Joko Ribowo dalam memanfaatkan libur kompetisi yang tak hanya menggelar latihan mandiri tapi juga melatih anak-anak dari sekolah sepak bola (SSB) maupun yang tinggal di sekitar rumahnya.

“Harus sudah mulai belajar biar besok tidak kaget lagi setelah jadi pelatih. Saat ini lebih sering latihan sambil melatih,” ujar Joko seperti dilansir dari laman Liga indonesia di Jakarta, Sabtu.

Joko diketahui telah mengantongi lisensi kepelatihan D nasional serta memiliki sekolah sepak bola yang ia kelola sendiri di Pati, Jawa Tengah.

Mantan pemain Arema FC itu menamai SBB-nya Joko Ribowo Football Academy (JRFA) yang didirikan pada 15 Maret 2018. Sampai saat ini murid yang sudah bergabung sekitar 50 anak. Mereka sehari-hari berlatih di lapangan Singgojoyo, Desa Kuryokalangan, Pati.

“Kalau yang (kelahiran) 2008-2012 dari SSB saya, yang kelahiran 2003 mayoritas anak Pati yang sekolah di luar Pati. Pas libur ini saya ajak latihan bareng,” kata dia.

Mewabahnya pandemi COVID-19 ini memengaruhi aktivitas SSB milik Joko. Tak mau ambil risiko, apalagi siswanya adalah anak-anak, Joko memilih meliburkan sementara SSB miliknya dari kegiatan rutin.

“Selama pandemi belum latihan resmi cuma latihan yang mau-mau saja dulu. Bukan asal latihan saja tapi juga terprogram latihannya,” kata dia.

Sementara di klubnya, PSIS, ia masih menunggu informasi dari kapan pemain akan dikumpulkan. Manajemen tim Mahesa Jenar juga dalam posisi yang sama, mereka masih menantikan kejelasan kapan serta teknis kelanjutan kompetisi dari PSSI dan operator liga.

Baca juga: PSIS Semarang sepakat Kompetisi Liga 1 2020 dihentikan

Baca juga: Kemenpora bahas rencana kelanjutan kompetisi bersama Gugus Tugas
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber : Antara news

Cek Juga

Persita Tangerang belum bahas soal renegosiasi kontrak

Manajemen Persita Tangerang belum mulai membahas soal renegosiasi kontrak dengan para pemain serta pelatih meskipun PSSI telah memberikan lampu hijau akan kembali menggelar kompetisi Liga 1 sekitar Oktober. "Belum (ada ...